1. Sebutkan perbedaan jenis pasar
dan masing beri 3 contoh!
2. Buatlah skema bauran pemasaran
3. Sebutkan dan jelaskan tujuan
sistem pemasan
Jawab
1. Jenis-jenis pasar:
Pasar konsumen : sekelompok pembeli yang membeli barang untuk di konsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut
Pasar industry : pasar yang terdiri individu dari lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi baik langsung ataupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijulan
Pasar pemerintah :pasar dimana terdapat lembaga pemerintah seperti: departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain
Pasar penjual : individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba
2.
3. 1. Definisi Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan
pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
2. Empat variabel bauran pemasaran
2. Empat variabel bauran pemasaran
Bauran pemasaran
memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price,
promotion, and
place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-
variabel bauran
pemasaran adalah sebagai berikut:
- Produk
(product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. - Harga
(price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif. - Tempat
(place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan. - Promosi
(promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar